Selasa, 05 November 2013

Sejarah Awal Mula Berdirinya Kampung Inggris Pare Kediri Jatim

Sejarah Awal Mula Berdirinya Kampung Inggris Pare Kediri Jatim - Mungkin tidak banyak yang tau mengenai bagaimana proses berdirinya salah satu lembaga pembelajaran yang saat ini sudah mulai banyak dikenal yaitu Kampung Inggris. Menurut salah satu english camp di kampung inggris pare http://KampungInggris-VOC.blogspot.com Venus Original Camp, Kampung Inggris ini berdiri berkat perjuangan keras Bapak Kalend Osen. Beliau adalah orang asli pribumi yang memiliki sifat yang sangat sederhana sekali bahkan murid-murid beliau sangatlah banyak dan tersebar di seluruh pelosok negeri ini. Berkat kepribadian beliau yang sederhana dan disiplinlah yang membuat Kampung Inggris sebesar saat ini. Bapak Kalend Osen adalah contoh pribadi yang ramah, senang memberi motivasi-motivasi yang membangun kepada orang-orang disekitarnya, bahkan beliau tetap aktif memberikan pelajaran kepada para murid-murid baik yang masih tetap aktif belajar di lembaga Kampung Inggris ataupun tidak. 

Awalnya hanya satu lembaga kursus saja, tapi lama kelamaan berkat kegigihan beliau, akhirnya menjamur hingga ratusan lembaga. Menurut Bapak Kalend Osen, awal berdirinya Kampung Inggris ini adalah karena faktor kebetulan saja. Ini berawal dari kedatangan dua mahasiswa asal IAIN Sunan Ampel Surabaya, dimana kedua pemuda tersebut ingin belajar Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Seperti diketahui, syarat untuk ikut ujian negara mereka terlebih dahulu harus lolos dari ujian Bahasa Inggris dan Bahasa Arab terlebih dahulu. Dua pemuda inilah yang akhirnya menjadi dua orang tokoh penting berdirinya Kampung Inggris ini. Kedua tokoh ini bernama Umar Abdullah dan Sukardiono.

Umar Abdullah adalah asli orang Purwoasri, Kediri. Sedangkan Sukardiono asli orang Kertosono, Nganjuk. Kedua orang ini saat itu sedang mencari sosok Kyai Yazid. Dimana kedua orang ini akhirnya diberi pelajaran langsung oleh Bapak Kalend Osen setelah sebelumnya Bapak Kalend Osen mendapat mandat dari Alm. Kyai Ahmad Yazid. Sosok Kyai Ahmad Yazid sendiri disini adalah sosok guru sekaligus guru spiritual dari Bapak Kalend Osen. Ketika itu, Bapak Kalend Osen merasa terdorong dan tertantang untuk bertemu dan belajar pada Kyai Ahmad Yazid yang saat itu terkenal mampu menguasai beberapa bahasa asing. Seperti diketahui, bapak pendiri Kampung Inggris tersebut, sering dimintai tolong oleh mantan presiden kita, Bapak Soeharto, sebagai penerjemah Bahasa Indonesia ke beberapa bahasa asing lainnya. Karena hal inilah Bapak Kalend Osen yang saat itu masih mudah semakin fasih dalam menggunakan Bahasa Inggris. 

Kampung Inggris memang terkenal mampu mencetak bibit-bibit yang handal. Salah seorang peserta anak didik yang berasal dari negeri seberang, Malaysia, mengatakan jika lembaga pembelajaran di Kampung Inggris merupakan lembaga pembelajaran Bahasa Inggris yang terbaik. Pasalnya menurutnya saat ini masih belum ada yang bisa menyamai metode pembelajaran disana. Selain itu juga, lingkungan sekitar yang mendukung semakin mempermudah proses pembelajaran tentunya. Mungkin inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Kampung Inggris mampu menarik animo masyarakat banyak.